Metode Belajar Darus-Sunnah dan Kitab yang akan dipelajari

Masa belajar di Darus-Sunnah berlangsung selama empat tahun. Tiap semesternya terdiri dari 14 liqo’ (minggu) masa belajar, satu minggu masa ujian dan 2 minggu untuk dirosah idhofi (ekstrakulikuler wajib)

Pengajian harian:

– Mudzakaroh

Dilaksanakan pada malam hari setelah jamaah Isya dengan durasi 1 jam 30 menit dengan materi sesuai jadwal. Pengurus bagian qismu ta’lim membagi mahasantri dalam kelompok-kelompok belajar yang disebut usroh. Usroh ini akan sama dalam satu semester kedepan. Setiap anggota usroh mendapat bagian pj (penanggung jawab) materi masing-masing setiap minggunya, dan wajib mempresentasikan hasil belajarnya kepada anggota kelompok sesuai jadwal. Materi yang dipelajari ketika mudzakaroh adalah materi yang sama dengan apa yang akan dipelajari pada halaqoh fajriyyah bersama asatidz pada keesokan paginya. Maka bisa dikatakan bahwa mudzakaroh ini adalah belajar bersama agar mahasantri semakin mudah memahami materi yang akan dikaji oleh asatidz.

– Halaqoh Fajriyyah

Dilaksanakan pada pagi hari setiap selesai jamaah subuh dengan durasi 1 jam 30 menit di ruangan yang sudah ditentukan oleh qism ta’lim. Mahasantri akan dipilih secara acak oleh asatidz untuk membacakan hadis atau kitab dan disimak oleh ustadz dan mahasantri yang lain. Biasanya, ustadz akan memberi beberapa pertanyaan kepada mahasantri yang membaca dan dilanjutkan dengan menjelaskan materi yang terkait dengan pelajaran.

– Ngaji Angkatan

Dilaksanakan pada hari selasa malam, rabu pagi dan khusus untuk malam jum’at dilaksa akan 2 minggu sekali  dengan durasi 1 jam 30 menit. Dinamakan ngaji angkatan karena setiap mahasantri dikelompokkan sesuai angkatannya. Sistem belajar dalam ngaji angkatan ini pun disesuaikan dengan persetujuan ustadz dan mahasantri yang bersangkutan.

– Pembacaan Barzanji

Dilaksanakan 2 minggu sekali ketika malam jum’at (selang-seling dengan ngaji angkatan). Materi yang dibaca adalah maulidul barzanji karya …. Petugas atau pemimpin pembacaan barzanji dilakukan secara bergantian oleh mahasantri per-angkatan.

Adapun Kurikulum Darus-Sunnah secara ringkas sebagai berikut:

Tahfidz al-Quran, Aqidah, Kutubas-Sittah (Sohih Bukhori, Sohih Muslim, Sunan Abu Daud, Sunan at-Tirmidzi, Sunan an-Nasa’i. Sunan Ibn Majjah) Ulum al-Qur’an, Ulum al-Hadis, Takhrij wa dirasah al-Asanid, al-Qawaid al-Fiqhiyah, Fiqh Muqaran, Lugah al-Arabiyah, Nahwu wa Sharf, Balagah al-Arabiyah, Turuq al-Fahmu al-Hadis, al-Gazzul Fikr, an-Nusus al-Adabiyah, Bahasa Inggris, al-Bahs wa at-Tahqiq

TENTANG KAMI
Website resmi yang dikelola untuk proses pelaksanaan SPMB (Seleksi Penerimaan Mahasantri Baru Darus-Sunnah 2018

E-mail:

spmb@darussunnah.id

Telephone:

021-7415559 (Khadim Ma’had)
021-7417687 (Putra)
021-7443150 (Putri)

Fax:

021-7415559

Alamat
Alamat:

Jl. SD Inpres, No. 11 Pisangan Barat, Ciputat Timur, Tangerang Selatan, Banten, Kode Pos: 15419

IKUTI KAMI
Subscribe untuk mendapatkan berita terbaru tentang SPMB Darus-Sunnah 2018
Gabung Grup SPMB 2018
Skip to toolbar